Friday, March 26, 2010

PASSWORD**** Pengaman Lapisan Pertama

Setiap hari Anda di minta untuk membuat sebuah account secara gratis, mendaftar ke sebuah situs web atau diminta untuk daftar untuk informasi tambahan Orang tidak sadar bahwa semua itu bisa membahayakan keamanan e-mail mereka, IM, jaringan sosial ataupun rekening bank mereka Itulah yang diharapkan oleh orang-orang yang berniat tidak baik!

Aplikasi software bernama "bots" akan mengirim upaya terus menerus secara otomatis terhadap sasarannya dengan cara, sebagai contoh, mencari kata-kata yang sama dalam sebuah kamus hingga beruntung dan akhirnya membuka sebuah account.

Saat ini banyak situs web di AS diwajibkan secara hukum untuk melakukan pencegahan atas upaya tersebut. Akibatnya, para pelaku mencari sasaran yang luput dari sorotan dan lebih mudah termasuk jaringan berita, forum dan situs web jaringan sosial lainnya.

Banyak orang menggunakan password yang sama untuk semua account mereka, baik itu email, jaringa sosial, belanja online bahkan rekening bank "Bots" akan mencari celah pada situ-situs yang lebih mudah untuk meencari alamat email dan passwordnya.

Mereka akan melihat apakah password tersebut untuk account email Anda. Jika ya, bahaya mungkin akan muncul Mereka akan menguasai account Anda, akses surat pribadi Anda, merubah setting, kirim email ke alamat contact yang ada, meminta uang seakan permintaan dari Anda. Bahkan mereka bisa akses ke rekening bank Anda dengan memanfaatkan laporan elektronik, mengelabui jaringan pengaman dari bank dengan memasukan data yang berlaku untuk Anda dan Anda bisa membayangkan konsekuensi selanjutnya.

Bagaimana mengamankan diri Anda

Anda bisa menciptakan benteng pengaman sekitar Anda. Setiap kali Anda membuat account on line baru, pertimbangkan berikut ini:
Seberapa amankah seharusnya sebuah password?
Akses ke account keuangan maupun e-mail sangat rawan, sehingga seharusnya password untuk account seperti ini dibuat sedemikian rupa hingga sulit di tebak, bahkan oleh sebuah komputer. Jika hanya untuk menjawab dalam sebuah forum, password mungkin tidak perlu terlalu sulit.
Bagaimana cara mengingat password yang dibuat sulit?
Meskipun tingkat kesulitan password cukup penting, masih mungkin menciptakan sebuah password yang sulit ditebak namun tetap mudah untuk diingat. Cobalah untuk mengganti huruf dengan angka yang dekat dengan ingatan Anda dan membuatnya lebih dari 8 karakter. Password dengan 8 karakter dengan kombinasi antara huruf dan angka, memiliki satu trilyun kombinasi berbeda dan tentunya akan lebih sulit untuk dipecahkan!
Ciptakan password sekali pakai
Ini sering disarankan. Jangan menggunakan password yang sama antara account "biasa" dengan account sangat penting. Untuk account "biasa" atau yang kurang penting seperti untuk memasukan komentar Anda di sebuah forum, ciptakan password "sekali pakai".
Amankan SEMUA password dari jangkauan siapa saja.
Ya betul, ini termasuk dari keluarga dan teman. Menjaga password tetap rahasia merupakan langkah penting dalam melindungi aset online Anda.
Jadi, pastikan Anda terlindungi dari maling identitas dan penipuan. Jika belum, ganti password Anda sekarang juga.